Program

Program by SDGs

Program Kerja SDGS Center UNHAS

  1. Pendampingan RAD dan RPJMD Provinsi Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara
    Sejak akhir tahun 2019-pertengahan 2020, SDGs Center Unhas aktif mendampingi pembuatan Rencana Aksi Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di Provinsi Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara. Sesuai dengan arahan pemerintah Indonesia, tujuan dan indikator SDGs/TPB harus diselaraskan kedalam RAD di seluruh daerah di Indonesia. Pada tahun 2019, SDGs Center Unhas merupakan satu-satunya SDGs center yang berada di Indonesia Timur. Oleh karena itu kami membentuk tim untuk membantu pembuatan RAD di kedua provinsi agar selaras dengan SDGs/TPB. Dikarenakan terjadinya pandemi ditengah proses pembuatan RAD, kegiatan ini sempat terhambat beberapa minggu tetapi tim SDGs Center Unhas dan tim dari kedua provinsi mampu kembali menemukan cara untuk mengelola pembuatan RAD yaitu melalui daring.
  2. Percepatan Penurunan Angka Stunting
    Untuk memperkuat komitmen SDGs Center Unhas dalam pencapaian SDGs/TPB khususnya Goal 2 Tanpa Kelaparan dan Goal 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Peluncuran Pusat Stunting Unhas dilakukan oleh Dr Nina Sardjuni selaku Team Leader Sekretariat SDGs Bappenas RI. Pusat Kajian Kebijakan dan Manajemen Penanggulangan Stunting (PK2MPS) SDGs Center Unhas yang disiapkan untuk melakukan fungsi pendampingan melalui pendekatan multidisiplin agar lebih mendukung terlaksananya konvergensi penanggulangan stunting di Kabupaten/Kota prioritas. Pusat Stunting ini telah melakukan Seminar dan diseminasi model Pendampingan Perguruan Tinggi untuk konvergensi Penaggulangan stunting di Kabupaten/Kota. Selain itu Pusat Stunting ini juga melakukan Penggalangan kesepakatan Pendampingan antara Universitas Hasanuddin dengan Kabupaten/Kota priorita Penanggulangan Stunting.

    Di tahun 2020 saat terjadinya pandemi, percepatan penurunan stunting mengalami tantangan berat. Oleh karena itu PK2MPS melaksanakan webinar internasional yang bertujuan untuk merumuskan formulasi rumusan kebijakan strategis sebagai respon mitigasi terhadap dampak pandemik COVID-19 dalam upaya penurunan stunting 14% target RPJMN 2020-2024.
  3. Pemilihan Duta Kampus SDGs 2020
    Pemilihan Duta Kampus SDGs merupakan program langsung dari Bappenas. SDGs Center Unhas telah melakukan seleksi internal ketat untuk memilih Duta Kampus yang akan mewakili UNHAS pada pemilihan Duta Kampus SDGs 2020 di tingkat nasional. Adapun mahasiswa dan mahasiswi yang terpilih sebagai Duta Kampus Unhas SDGs 2020 adalah Agil Parwan dari Fakultas Teknik dan Samintang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Tugas Duta Kampus SDGs ini tidak hanya mengikuti ajang pemilihan Duta Kampus ke level nasional tetapi juga memiliki program kerja yang berkaitan dengan SDGs/TPB, khususnya memperkenalkan SDGs/TPB ke kalangan mahasiswa-mahasiswi di kampus.
  4. Pengedukasian Isu-isu Terkait SDGs/TPB
    SDGs Center Unhas bekerjasama dengan para aktor lain seperti pusat kajian yang ada di Unhas maupun dengan pemerintah atau Lembaga non pemerintah, untuk melakukan berbagai macam webinar yang terkait dengan isu-isu SDGs/TPB. Webinar adalah salah satu wadah yang paling mudah dan efisien untuk dilakukan serta dapat mencapai seluruh kalangan mulai dari akademisi, pelajar, serta profesi lain.
Scroll to Top