Duta Kampus SDGs Unhas Memenangkan Proposal IDF 2021

Samintang, Duta Kampus SDGs Unhas yang juga merupakan mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin telah berhasil menjadi salah satu pemenang dalam kompetisi proposal yang diadakan oleh Indonesia Development Forum (IDF) yang diselenggarakan pada 29 Juni 2021.

Indonesia Development Forum (IDF) adalah konferensi internasional yang diselenggarakan oleh PPN/Bappenas dan pertama kali diadakan di tahun 2017. Forum ini mendorong para aktor dari sektor public, swasta, sampai nirlaba bertemu secara interaktif untuk bertukar pikiran dan gagasan dalam menjawab tantangan pembangunan utama di Indonesia.

Pandemi COVID-19 mengakibatkan IDF 2020 yang seharusnya diselenggarakan di Bali harus ditunda untuk mencegah penyebaran virus. Oleh karena itu, IDF 2020 dan 2021 kemudian disinergikan menjadi satu dengan tema “Indonesia’s Future Industrialization Paradigm: Value Creation and Adaptive Capacity for Socio-Economic Transformation”.  Tema ini diharapkan dapat mendorong dan menginspirasi para pembicara dan peserta IDF untuk merumuskan ide tentang strategi industrialisasi di Indonesia utamanya dalam penciptaan nilai tambah produksi, peningkatan kualitas sdm, dan menjawab perkembangan digital dan global.

IDF 2021 memberikan penawaran pengajuan proposal yang harus menjawab tema konferensi dan masuk kedalam salah satu dari tiga kategori berikut:

  1. Makalah yang memenuhi unsur Inspire, Imagine atau Innovate;
  2. Paparan singkat (Pitch) tentang teknologi inovatif, pendekatan segar, atau produk dan jasa baru;
  3. Ide dalam bentuk blog/artikel, vlog/video atau infografik. Ide akan dipublikasi pada situs web IDF menjelang penyelenggaraan forum dan sebagian akan dipilih untuk dipaparkan pada pelaksanaan forum.

Samintang mengikuti pengajuan proposal ini bersaing dengan para peserta lain dari berbagai bidang, pekerjaan, dan umur. Samintang kemudian berhasil menjadi salah satu juara dalam kategori makalah dengan sub-tema Strategi Jitu Peningkatan Produktivitas dan membahas tentang Diversifikasi Produk Unggulan Porang (Amorphophallus Muelleri) Menjadi Edible Bioplastic Ramah Lingkungan untuk Kelompok Tani Sejahtera Bersama di Kabupaten Bone. Samintang menyatakan bahwa proposal yang diajukan dalam IDF 2021 ini masih sangat membutuhkan saran, masukan, dan kritikan membangun dari berbagai pihak guna meningkatkan kualitas ide yang ditawarkan dan dapat diimplementasikan kepada masyarakat sekitar ke depannya.

SDGs Center Unhas berharap dengan keberhasilan Samintang menjuarai kegiatan bertaraf internasional ini dapat menginspirasi mahasiswa-mahasiswi lainnya untuk terus berkarya dan menjadi bagian penting dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Sesuai dengan prinsip utama TPB/SDGs adalah inklusifitas dan “no one left behind”, yang dimana semua pihak terlibat dalam pencapain 17 goals TPB/SDGs termasuk mahasiswa-mahasiswi di perguruan tinggi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top