Grand Opening Ceremony SDGs
Share
Author
SDGs UNHAS

SDGs UNHAS

Grand Opening Ceremony SDGs Marathon: Sebuah Komitmen Bersama Untuk Indonesia Berkelanjutan 2030

Grand Opening Ceremony SDGs. Webinar Opening Ceremony SDGs Marathon merupakan agenda pembukaan untuk serangkaian program dari SDGs Marathon yang dilaksanakan pada Sabtu, 26 Maret 2022. Webinar ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan awareness masyarakat khususnya sivitas akademika dan intergenerasional mengenai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs). SDGs Marathon didirikan oleh mahasiswa berprestasi berbagai universitas di nusantara dengan tujuan untuk mendukung pencapaian SDGs di Indonesia melalui pendekatan akar-rumput, yakni pembiasaan masyarakat individual berlandaskan prinsip kedamaian, kolaborasi antar generasi, dan keberlanjutan. 

Webinar Opening Ceremony SDGs Marathon ini mengangkat tema “Berlari Bersama Menuju Indonesia Berkelanjutan 2030” dan dilaksanakan secara daring melalui platfrom Zoom Meeting. Acara ini dihadiri oleh 200+ peserta dari berbagai kalangan dan instansi. SDGs Marathon dibentuk sebagai upaya mencapai SDGs dengan pendekatan akar-rumput berupa peningkatan partisipasi masyarakat melalui kebiasaan sehari-hari yang mendukung keberlanjutan. SDGs Marathon didesain sebagai suatu pusat kolaborasi antar instansi pemerintahan, pendidikan, swasta, non-profit, dan masyarakat. Maka dari itu, seluruh kegiatan SDGs Marathon selayaknya melibatkan berbagai lapisan masyarakat dari latar belakang yang beragam. SDGs Marathon memegang nilai-nilai yang didasari oleh SDGs no 16 dan 17 – kolaborasi dalam kedamaian. Misi SDGs Marathon mengedepankan kerjasama multipihak sehingga pihak-pihak yang dapat berperan dalam pencapaian SDGs tidak hanya pemerintah, namun juga pihak-pihak lain seperti komunitas, masyarakat, NGO, dan juga perguruan tinggi. 

Grand Opening Ceremony SDGs
Grand Opening Ceremony SDGs

Baca Juga : Penghargaan Dari Pembina SDGs Untuk Pegiat SDGs.

Grand Opening Ceremony SDGs ini menghadirkan tujuh narasumber yang kontributif dalam pencapaian SDGs: Bapak Yanuar Nugroho selaku Koordinator Tenaga Ahli Sekretariat Nasional SDGs Indonesia, Ibu Chitra Retna Septyandrica selaku Ketua Ikatan Alumni TL ITB, Ibu Wahyu Tini Astuti (Deputy Director SDG Academy Indonesia), Kak Ilham Nugraha (Junior Research Fellow SDGs Center ITB), Bapak Dr. Triarko Nurlambang, MA (Koordinator SDGs Hub UI), Kak Nurul Masyiah Rani (Junior Research Fellow SDGs Center UNHAS), Bapak Dr. Eng. Fritz Akhmad Nuzir, S.T., MA.(LA) selaku Kepala SDGs Center Universitas Bandar Lampung, dan Aeshnina Azzahra Aqilani (Aktivis Lingkungan & River Warrior). 

Selain itu, Grand Opening Ceremony SDGs ini juga dibarengi dengan Talkshow SDGs Marathon yang akan melaksanakan dua program utamanya yaitu SDGs Challenge dan SDGs Camp. SDGs Challenge adalah pembentukan kebiasaan melalui tantangan konsistensi sekaligus mendukung pemenuhan program sosial yang telah berjalan di seluruh Indonesia yang dapat dilakukan secara terpisah. Peserta yang berhasil menjalankan kebiasaannya secara konsisten akan mendapatkan penghargaan berupa Sustainability Medal – medali dari bahan daur ulang, Kit Pengembangan Diri (bergantung pada sponsor), dan sertifikat resmi. Sedangkan SDGs Camp “Adventuring through sustainability together”  berangkat dari kesadaran bahwa setiap perjuangan memerlukan dukungan yang sehat sehingga SDGs Camp dibuat untuk menghubungkan sesama peserta dari ketertarikan yang sama untuk berbagi ilmu dan saling memotivasi. Adapun berbagai kegiatan yang dapat dilakukan dalam SDGs Camp adalah: Workshop/Pelatihan praktik bersama, Seminar dan Talkshow dengan ahli, Mentoring dan group bonding.Melalui kegiatan Opening Ceremony SDGs Marathon ini diharapkan adanya kolaborasi intergenerasional dan transfer-knowledge antar SDGs Center di setiap universitas khususnya Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Hasanuddin, Universitas Bandar Lampung, praktisi yang dalam hal ini diwakili oleh SDGs Academy Indonesia, Sekretariat Nasional SDGs, Aktivis Lingkungan, dan SDGs Marathon secara inklusif dan berkelanjutan.

Mungkin anda juga suka

Scroll to Top