Share
Author
admin

admin

Pendampingan RPJMD-RAD SULAWESI TENGGARA dan Maluku Utara di Tengah Pandemi

Pendampingan RPJMD-RAD SULAWESI TENGGARA dan Maluku Utara di Tengah Pandemi. SDGs Center UNHAS sebagai salah satu center SDGs/TPB pertama di Indonesia Timur telah berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam mengarusutamakan SDGs/TPB di Indonesia. Salah satu program pertama dari SDGs Center UNHAS adalah pendampingan penyusunan RPJMD dan RAD di dua kabupaten Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara yang dimulai diakhir tahun 2019.

Baca Juga : Duta Kampus SGDs 2020.

Meskipun Pendampingan RPJMD-RAD SULAWESI TENGGARA dan Maluku Utara di Tengah Pandemi ini sempat tertunda akibat pandemi COVID-19, tetapi tim SDGs Center UNHAS terus berupaya untuk membantu penyelesaian RPJMD dan RAD dikedua kabupaten tersebut. Pendampingan secara daring tentunya mempunyai tantangan tersendiri khususnya masalah teknis tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat tim SDGs Center UNHAS beserta tim dari kedua kabupaten.

Setelah angka penderita COVID-19 telah menurun, tim RPJMD dan RAD dari Maluku Utara melakukan kunjungan ke kantor SDGs Center UNHAS untuk melanjutkan pembahasan kerjasama antara kedua pihak. Draft RPJMD telah rampung di bulan Oktober 2021 dan telah dipresentasikan saat rapat pembahasan pendampingan RPJMD dan RAD oleh seluruh SDGs Center di Indonesia Bersama BAPPENAS.

Untuk pelaksaan koordinasi di Maluku Utara, langkah yang dilakukan oleh tim di Maluku Utara adalah  melakukan Tim Koordinasi, Tim Pelaksana, Tim Kelompok Kerja, Tim Pakar dan Tim Sekretariat TPB sesuai Keputusan Gubernur Maluku Utara no 301/KPTS/MU/2020. Kemudian, pembentukan Sekretariat SDGs Provinsi Maluku Utara di Kota Ternate. Ketiga, melakukan koordinasi tim pelaksana dan tim Pokja serta dengan para pelaku usaha.

Sedangkan Provinsi Sulawesi Tenggara, dalam RPJMDnya membentuk Lima Pilar Pembangunan Sulawesi Tenggara: Sultra Cerdas, Sultra Sehat, Sultra Peduli Kemiskinan, Sultra Beriman dan Berbudaya, dan Sultra Produktif. Pendampingan RPJMD-RAD SULAWESI TENGGARA dan Maluku Utara di Tengah Pandemi ini direncanakan akan siap di tahun 2021 nanti.

Mungkin anda juga suka

Scroll to Top