Pertemuan SDGs Center
Share
Author
SDGs UNHAS

SDGs UNHAS

Pertemuan SDGs Center, UNESCAP, BRIN dan Pemkot Makassar untuk Mendiskusikan Pengembangan Penggunaan Penginderaan Jauh di Makassar

Pertemuan SDGs Center, UNESCAP, BRIN Dan Pemkot Makassar Untuk Mendiskusikan Pengembangan Penggunaan Penginderaan Jauh Di Makassar. Sejak tahun 2020, SGDs Center telah bekerjasama dengan United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP) dan Pemerintah Kota Makassar mengembangkan proyek SMART CITY. Rancangan proyek ini adalah penggunaan sistem penginderaan jauh berupa satelit untuk memetakan wilayah-wilayah kumuh dan miskin yang berada di kota Makassar. Kedepannya diharapkan dengan terpetakannya wilayah-wilayah ini dapat mempermudah Pemkot Makassar dalam mendistribusikan bantuan untuk penduduk yang membutuhkan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk pencapaian Sustainable Development Goals khususnya Tujuan 9 – Industri, Inovasi, dan Infrastruktur dan Tujuan 11 – Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan.

Pada hari Kamis, 28 April 2022, SDGs Center UNHAS, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama UNESCAP bertemu dengan Pemerintah Kota Makassar untuk mendiskusikan pilot project yang akan dilakukan di Universitas Hasanuddin. Dalam pertemuan tersebut, Tim Pusat Riset Penginderaan Jauh BRIN yang diwakili oleh Prof. Dr. Ir. Rr. Erna Sri Adiningsih, M.Si memberikan pemaparan tentang teknis sistem penginderaan jauh dalam pemetaan wilayah yang juga telah dilakukan di beberapa kota di Indonesia. Turut hadir pula Dr. Keran Wang selaku Chief of Space Applications Section (SAS) dan timnya memaparkan peranana UNESCAP dalam pengembangan penelitian di Asia dan Pasifik. Danny Pomanto, selaku Wali Kota Makassar juga menunjukkan teknologi yang telah diadopsi Makassar untuk memantau jalan-jalan utama. Tim SDGs Center, BRIN, dan UNESCAP juga dibawa melihat langsung proses pemantauan jalan-jalan tersebut di sebuah ruangan yang disebut War Room.

Baca Juga : Tips And Tricks To Win International Grants.

Setelah mengunjungi Kantor Walikota Makassar, Tim SDGs Center, BRIN, dan UNESCAP kemudian melanjutkan pertemuan dengan Rektor Universitas Hasanuddin yang diwakili oleh Prof. Dr. Eng. Adi Maulana. Ketiga tim melakukan hybrid meeting untuk mendiskusikan kerjasama kedepan yang akan dilakukan oleh BRIN, UNESCAP, dan Unhas melalui SDGs Center. Sistem penginderaan jauh diharapkan mampu membantu pemerintah untuk mempermudah pemetaan wilayah Makassar sehingga jika terjadi suatu keadaan darurat pemerintah dapat segera mengambil tindakan untuk mengatasinya.

Mungkin anda juga suka

Scroll to Top